Saturday, 6 April 2013

hukumnya seorang istri yg di tnggal suami bertahun tahun???

assalamu'alaikum,wr,wb.......apa hukumnya seorang istri yg di tnggal suami bertahun tahun tanpa da kbr/nafkah lahir n batin..dibilang janda dia blm dicerai diblng punya suami nyatanya dia hidup sendiri,,,,yg saya tanyakan bolehkah si istri menikah lg tanpa ada surat cerai/tanpa ditalaq sang suami?......


jawab

Kalau nikahnya resmi biasanya sang suami membaca seghot ta,liQ.

Apabila suami membaca seghot ta,liQ maka boleh menikah lagi setelah masa iddahnya berakhir.
Tapi kalau suami tdk membaca seghot ta,liQ Maka tidak boleh menikah lagi selama belum ada Talaq dari suami.

Dalam seghot ta,liq biasanya ada kata2 demikian"Apabila saya(suami) meninggalkan istri selama 3 bulan lamanya dan tidak ada kabar berita serta tdk memberi nafakah selam 3 bulan berturut2 maka jatuhlah talaq saya satu" !


maka jatuh lah talaq 1,terus selanjutnya klo sisuami ga kmbali/mungkin dia menikah lg....haruskah si istri menunggu tak da kepastian n klo si istri ada yg mau nikahin lg gimana nih rujukannya 


Perlu dipahami 
1.kalimat ta'liqnya bagaimana.....
2.waktu akad nikah suami bacakan ta'liqnya itu tidak?????karena ada yang pilih tidak baca ta'liq itu,,,(termasuk q,,,,hehehe)

Dalam ta'liq yang di aad tidak sekedar ta'liq biasa,maksudq masih ada kalimat,,,JIKA ISTRI SAYA TIDAK RELA DAN MENGAJUKAN KE PENGADILAN AGAMA,DENGAN MEMBAYAR SEKIAN.....bla bla bla bla,,MAKA JATUH TALAK 1

Jadi untuk memastikan status jatuh talak atau tidak untuk kasus diatas dalam konteks keindonesiaan,istri harus melaporkan dulu ke pengadilan,kemudian setelah pengadilan memutuskan jatuh talak baru jatuh talak 1.

Jika ta'liq talak diucapkan ketika akad nikah,meski yakin suami masih hidup dan tidak menafkahi istri dalam rentang waktu yang dibaca dalam shighot ta'liq itu,kemudian istri gugat,dan disetujui pengadilan,maka tetap jatuh talak.
Tapi jika istri diam saja tidak melapor,meski tidak rela,,,,,smpai 10 tahun pun tetap jadi istri sahnya dalam arti tetap tidak boleh menikah lagi


klo hrus nunggu bertaun taun yo manis di suami kecut bwat istri yoh,,,,,,,sedangkan di jaman skrng nih sudah meraja lela suami ninggalin istri begitu saja,,,ibarat kata habis manis sepah dibuang,,n ane liat di indonesia nih kayanya gampang banget y yg namanya kawin cerai,,,


 Islam masih memberi solusi ketika benar2 sudah tidak kuat,,,,jika masih bisa komunikasi diera serba modern kini bisa minta cerai,,,,jika itu sudah dicota dan asi tidak ada respon bisa dengan cara khulu',jika gak ada respon laporan ke PA dan minta fasakh.....

Ini lepas dari masalah adab yang berkait dengan anjuran agar istri todak minta cerai tanpa alasan yang mendasar

No comments:

Post a Comment